Pengaruh Terapi Mewarnai Terhadap Penurunan Kecanduan Gadged Pada Anak Usia 3 6 Tahun
Categorie(s):
Skripsi
Author(s):
Sari, Nike Puspita
Advisor:
Medhyna, Vedjia
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Kecanduan, Gadged, Terapi Mewarnai
DOI:
-
Abstract :
Penggunaan media teknologi interaktif melalui gadget meningkat pesat di
kalangan anak prasekolah (3-6 tahun) yang menyebabkan kecanduan dan
berakibat terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Bidan sebagai
pelaksana, dapat berkolaborasi dengan orang tua dalam mengurangi kecanduan
gadget pada anak prasekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
terapi mewarnai untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak usia 3-6 tahun.
Penelitian ini menggunakan design quasy-experiment with control group.
Penelitian ini melibatkan 35 responden pada masing masing kelompok dengan
teknik acidental sampling di Kecamatan Bukit Barisan. Terapi mewarnai
diberikan sebanyak 1 kali sehari selama 30 menit selama 5 hari. Kecanduan
gadget dinilai menggunakan kuesioner. Hasil penelitian pada kelompok intervensi
nilai rata rata kecanduan gadget sebelum dilakukan intervensi sebesar 43,91
dan menurun menjadi 30.05 dengan p value 0,000, sedangkan pada kelompok
control sebelum intervensi sebesar 44,88 dan menjadi 45,34 setelah dilakukan
intervensi. Hasil uji statistic antara kedua kelompok didapatkan nilai t sebesar
18,60 yang menunjukkan bahwa terapi mewarnai memiliki efek signifikan dalam
mengurangi kecanduan gadged pada anak usia 3- 6 tahun daripada kelompok
kontrol. Dapat disimpulkan bahwa terapi mewarnai efektif dalam mengurangi
kecanduan gadged pada anak usia 3-6 tahun. Diharapkan bidan dapat mengadakan
program edukasi rutin bagi orang tua mengenai terapi alternative dalam
mengurangi kecanduan gadged pada anak seperti terapi mewarnai.
kalangan anak prasekolah (3-6 tahun) yang menyebabkan kecanduan dan
berakibat terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Bidan sebagai
pelaksana, dapat berkolaborasi dengan orang tua dalam mengurangi kecanduan
gadget pada anak prasekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
terapi mewarnai untuk mengurangi kecanduan gadget pada anak usia 3-6 tahun.
Penelitian ini menggunakan design quasy-experiment with control group.
Penelitian ini melibatkan 35 responden pada masing masing kelompok dengan
teknik acidental sampling di Kecamatan Bukit Barisan. Terapi mewarnai
diberikan sebanyak 1 kali sehari selama 30 menit selama 5 hari. Kecanduan
gadget dinilai menggunakan kuesioner. Hasil penelitian pada kelompok intervensi
nilai rata rata kecanduan gadget sebelum dilakukan intervensi sebesar 43,91
dan menurun menjadi 30.05 dengan p value 0,000, sedangkan pada kelompok
control sebelum intervensi sebesar 44,88 dan menjadi 45,34 setelah dilakukan
intervensi. Hasil uji statistic antara kedua kelompok didapatkan nilai t sebesar
18,60 yang menunjukkan bahwa terapi mewarnai memiliki efek signifikan dalam
mengurangi kecanduan gadged pada anak usia 3- 6 tahun daripada kelompok
kontrol. Dapat disimpulkan bahwa terapi mewarnai efektif dalam mengurangi
kecanduan gadged pada anak usia 3-6 tahun. Diharapkan bidan dapat mengadakan
program edukasi rutin bagi orang tua mengenai terapi alternative dalam
mengurangi kecanduan gadged pada anak seperti terapi mewarnai.