Pengaruh Terapi Bermain Berbasis Flashcard Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Autisma Permata Bunda Bukittinggi Tahun 2024
Categorie(s):
Skripsi
Author(s):
Oktaviani, Sinta
Advisor:
Hasnita, Evi
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Anak Autis, Flashcard, Interaksi Sosial.
DOI:
-
Abstract :
Autis merupakan suatu gangguan perkembangan yang kompleks yang
berhubungan dengan komunikasi, interaksi sosial dan aktivitas imajinas (Zahara,
2022). World Health Organitation/WHO (2018) memperkirakan 1 dari 160 anak
di seluruh dunia menderita gangguan spektrum autisme (Subiantoro, 2018).
Prevalensi autisme secara global saat ini sebesar 15-20 kasus per 10.000 anak atau
0,15-0,20% (Baculu & Andri, 2019). Berdasarkan fenomena didapatkan ada
beberapa anak autis yang berada di Sekolah Luar Biasa (SLB) Autisma Permata
Bunda Bukittinggi mengalami gangguan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Pengaruh Terapi Bermain Berbasis Flashcard Untuk
Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Autisma
Permata Bunda Bukittinggi Tahun 2024. Metode Penelitian ini menggunakan
metode penelitian Pre-Eksperimental Designs dengan pendekatan One Group
Pretest-Posttest. Populasi berjumlah 30 responden. Sampel berjumlah 20
responden dengan teknik purposive sampling yang memilih sampel berdasarkan
dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil analisa pengaruh terapi bermain
berbasis flashcard untuk meningkatkan interaksi sosial pada anak autis di Sekolah
Luar Biasa (SLB) Autisma Permata Bunda Bukittinggi, didapat rata-rata nilai
sebelum terapi bermain berbasis flashcard untuk meningkatkan interaksi sosial
anak autis adalah 34,06 artinya rendahnya interaksi sosial anak, dan sesudah
pemberian adalah 75,87 artinya tingginya interaksi sosial anak dengan hasil salah
satu point kuesioner tertinggi yaitu 65% anak mampu berinteraksi dengan melihat
kontak mata secara langsung. Terdapat nilai p value= 0,000 < (0,05) artinya Ho
di tolak maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh terapi bermain berbasis
flashcard untuk meningkatkan interaksi sosial anak autis di Sekolah Luar Biasa
(SLB) Autisma Permata Bunda Bukittinggi tahun 2024. Diharapkan kepada guru
sekolah luar biasa (SLB) dan petugas kesehatan dapat memberikan terapi bermain
yang lebih menarik lagi seperti lego atau jenis permainan lainnya kepada anak
autis sehingga dapat meningkatkan interaksi sosial mereka.
berhubungan dengan komunikasi, interaksi sosial dan aktivitas imajinas (Zahara,
2022). World Health Organitation/WHO (2018) memperkirakan 1 dari 160 anak
di seluruh dunia menderita gangguan spektrum autisme (Subiantoro, 2018).
Prevalensi autisme secara global saat ini sebesar 15-20 kasus per 10.000 anak atau
0,15-0,20% (Baculu & Andri, 2019). Berdasarkan fenomena didapatkan ada
beberapa anak autis yang berada di Sekolah Luar Biasa (SLB) Autisma Permata
Bunda Bukittinggi mengalami gangguan interaksi sosial. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Pengaruh Terapi Bermain Berbasis Flashcard Untuk
Meningkatkan Interaksi Sosial Anak Autis di Sekolah Luar Biasa (SLB) Autisma
Permata Bunda Bukittinggi Tahun 2024. Metode Penelitian ini menggunakan
metode penelitian Pre-Eksperimental Designs dengan pendekatan One Group
Pretest-Posttest. Populasi berjumlah 30 responden. Sampel berjumlah 20
responden dengan teknik purposive sampling yang memilih sampel berdasarkan
dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Hasil analisa pengaruh terapi bermain
berbasis flashcard untuk meningkatkan interaksi sosial pada anak autis di Sekolah
Luar Biasa (SLB) Autisma Permata Bunda Bukittinggi, didapat rata-rata nilai
sebelum terapi bermain berbasis flashcard untuk meningkatkan interaksi sosial
anak autis adalah 34,06 artinya rendahnya interaksi sosial anak, dan sesudah
pemberian adalah 75,87 artinya tingginya interaksi sosial anak dengan hasil salah
satu point kuesioner tertinggi yaitu 65% anak mampu berinteraksi dengan melihat
kontak mata secara langsung. Terdapat nilai p value= 0,000 < (0,05) artinya Ho
di tolak maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh terapi bermain berbasis
flashcard untuk meningkatkan interaksi sosial anak autis di Sekolah Luar Biasa
(SLB) Autisma Permata Bunda Bukittinggi tahun 2024. Diharapkan kepada guru
sekolah luar biasa (SLB) dan petugas kesehatan dapat memberikan terapi bermain
yang lebih menarik lagi seperti lego atau jenis permainan lainnya kepada anak
autis sehingga dapat meningkatkan interaksi sosial mereka.