Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kesehatan Di SMKS 2 Kosgoro Payakumbuh Tahun 2024
Categorie(s):
Skripsi
Author(s):
Annisa, Rahmi
Advisor:
Nurhayati
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Motivasi belajar,lingkungan sekolah.
DOI:
-
Abstract :
Pendidikan merupakan upaya sadar untuk mewariskan warisan budaya dari satu generasi ke
generasi berikutnya. Pendidikan menjadi teladan bagi generasi ini terhadap pembelajaran
generasi sebelumnya. Selama ini hakikat pendidikan adalah obyeknya yaitu manusia begitu
kompleks sehingga tidak ada batasan untuk menjelaskan secara utuh makna pendidikan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar
siswa kesehatan di SMKS 2 Kosgoro Payakumbuh. Jenis penelitian yang digunakan pada
metode ini adalah non eskprimental dengan pendekatan kuantatif dengan desain penelitian
cross secsional yaitu pengukuran variable dependen dan variabel indepedent penelitian ini
menggunakan penelitian kuesioner. Populasi siswa,yang akan dijadikan sampel yaitu sebanyak
68 siswa kesehatan (layanan kesehatan/teknologi farmasi). Teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan cara purposive sampling,yaitu sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi yang
ditetapkan peneliti. Analisa data dilakukan analisa univariat dan bivariat dan penyajian data
digunakan bentuk tabel. Analisa univariat dengan menggunkan analisa deskriptif dilakukan
dengan melihat distribusi setiap variable dalam bentuk distribusi frekuensi. Sedangkan analisa
Chi-Square dengan mengunakan jenis data numerik dan variabel dependen dan independentnya
untuk melihat hubungan antara keduannya. Hasil penelitian setelah uji Chi Square Test
mendapatkan nilai p value 0,000 sehingga p < (0.005) maka ditolak artinya ada hubungan
Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar kesehatan di SMKS 2 Kosgoro Payakumbuh
Tahun 2024.Kesimpulan adanya hubungan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar
siswa kesehatan .
generasi berikutnya. Pendidikan menjadi teladan bagi generasi ini terhadap pembelajaran
generasi sebelumnya. Selama ini hakikat pendidikan adalah obyeknya yaitu manusia begitu
kompleks sehingga tidak ada batasan untuk menjelaskan secara utuh makna pendidikan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar
siswa kesehatan di SMKS 2 Kosgoro Payakumbuh. Jenis penelitian yang digunakan pada
metode ini adalah non eskprimental dengan pendekatan kuantatif dengan desain penelitian
cross secsional yaitu pengukuran variable dependen dan variabel indepedent penelitian ini
menggunakan penelitian kuesioner. Populasi siswa,yang akan dijadikan sampel yaitu sebanyak
68 siswa kesehatan (layanan kesehatan/teknologi farmasi). Teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan cara purposive sampling,yaitu sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi yang
ditetapkan peneliti. Analisa data dilakukan analisa univariat dan bivariat dan penyajian data
digunakan bentuk tabel. Analisa univariat dengan menggunkan analisa deskriptif dilakukan
dengan melihat distribusi setiap variable dalam bentuk distribusi frekuensi. Sedangkan analisa
Chi-Square dengan mengunakan jenis data numerik dan variabel dependen dan independentnya
untuk melihat hubungan antara keduannya. Hasil penelitian setelah uji Chi Square Test
mendapatkan nilai p value 0,000 sehingga p < (0.005) maka ditolak artinya ada hubungan
Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar kesehatan di SMKS 2 Kosgoro Payakumbuh
Tahun 2024.Kesimpulan adanya hubungan antara lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar
siswa kesehatan .