Hubungan Caring Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Dr. Achamd Mochtar Tahun 2024
Categorie(s):
Skripsi
Author(s):
Lestari, Oktarina
Advisor:
Dewi, Ratna
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Caring, Perawat, Tingkat Kepuasan Pasien.
DOI:
-
Abstract :
Perilaku caring merupakan bagian terpenting dalam memberikan
pelayanan keperawatan yang dapat memengaruhi proses pengobatan pasien.
Kondisi pasien terus melemah secara fisik maupun mental khususnya ketika
dirawat inap. Perilaku caring yang perawat berikan dapat mendukung pasien
dalam melewati masa pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan caring perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD Dr.
Achmad Mochtar Bukittinggi 2024. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober
tahun 2024. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan desain crosssectional
dengan populasi sebanyak 580 orang dan sampel sebanyak 56 orang. Pengambilan
sampel menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data
menggunakan lembar kuesioner, analisis data meliputi univariat dan bivariat.
Hasil analisis statistik univariat terhadap 56 pasien diketahui sebagian besar
pasien merasa puas yaitu sebanyak 35 pasien (62,5%). Sebagian besar pasien
merasa perawat caring dengan jumlah 38 pasien (67,9%). Hasil analisis statistik
menggunakan uji chi-square diketahui terdapat hubungan caring perawat dengan
tingkat kepuasaan pasien diruangan rawat inap di RSUD pasien Dr. Achmad
Mochtar Bukkittinggi tahun 2024 (p-value = 0.001 dan OR = 12.66). Jadi,
terdapat hubungan caring perawat dengan tingkat kepuasaan pasien diruangan
rawat inap di RSUD pasien Dr. Achmad Mochtar Bukkittinggi tahun 2024.
Disarankan bagi perawat untuk meningkatkan perilaku caring perawat terhadap
pasien yang menjalankan asuhan keperawatannya. Selain itu, bagi kepala ruangan
juga dianjurkan melaksanakan pengadaan supervisi dan pembinaan secara rutin
serta berperan aktif sebagai role model caring.
pelayanan keperawatan yang dapat memengaruhi proses pengobatan pasien.
Kondisi pasien terus melemah secara fisik maupun mental khususnya ketika
dirawat inap. Perilaku caring yang perawat berikan dapat mendukung pasien
dalam melewati masa pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan caring perawat dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD Dr.
Achmad Mochtar Bukittinggi 2024. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober
tahun 2024. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan desain crosssectional
dengan populasi sebanyak 580 orang dan sampel sebanyak 56 orang. Pengambilan
sampel menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data
menggunakan lembar kuesioner, analisis data meliputi univariat dan bivariat.
Hasil analisis statistik univariat terhadap 56 pasien diketahui sebagian besar
pasien merasa puas yaitu sebanyak 35 pasien (62,5%). Sebagian besar pasien
merasa perawat caring dengan jumlah 38 pasien (67,9%). Hasil analisis statistik
menggunakan uji chi-square diketahui terdapat hubungan caring perawat dengan
tingkat kepuasaan pasien diruangan rawat inap di RSUD pasien Dr. Achmad
Mochtar Bukkittinggi tahun 2024 (p-value = 0.001 dan OR = 12.66). Jadi,
terdapat hubungan caring perawat dengan tingkat kepuasaan pasien diruangan
rawat inap di RSUD pasien Dr. Achmad Mochtar Bukkittinggi tahun 2024.
Disarankan bagi perawat untuk meningkatkan perilaku caring perawat terhadap
pasien yang menjalankan asuhan keperawatannya. Selain itu, bagi kepala ruangan
juga dianjurkan melaksanakan pengadaan supervisi dan pembinaan secara rutin
serta berperan aktif sebagai role model caring.