Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di UPTD Laboratorium Kesehatan Daerah Kabupaten Sijunjung

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Octavia, Liza
Advisor:
Sulung, Neila
Nurdin
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Kepuasan, pelayanan kesehatan, laboratorium.
DOI:
-
Abstract :
Kepuasan pasien adalah indikator utama dari standar suatu fasilitas
kesehatan dan merupakan suatu ukuran mutu pelayanan kepuasan pelanggan yang
rendah akan berdampak terhadap jumlah kunjungan yang akan mempengaruhi
provitabilitas fasilitas kesehatan tersebut, sedangkan sikap karyawan terhadap
pelanggan juga akan berdampak terhadap kepuasan pelanggan dimana kebutuhan
pelanggan dari waktu ke waktu akan meningkat, begitu pula tuntutannya akan
mutu pelayanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
analisis kepuasan pasien terhadap pelayanan di UPTD Laboratorium Kesehatan
Daerah Kabupaten Sijunjung. Desain penelitian ini menggunakan Cross
Sectional, dimana populasi dalam penelitian ini sebanyak 1.742 responden,
dengan sampel 95 responden yang berkunjung. Metode pengambilan sampel
dalam penelitian secara purposive sampling. Penelitian ini telah dilaksanakan
pada tanggal April sampai Agustus tahun 2024. Pengumpulan dan pengambilan
data dengan menggunakan kuesioner. Hasil analisis uji statistik dengan
mengunakan uji statistik Chi-Square dan regresi logistic dimana ada hubungan
antara kehandalan (reliability) (p=0,007), daya tanggap (responsiveness)
(p=0,020), jaminan (assurance) (p=0,003), kepedulian (empathy) (p=0,006) dan
bukti fisik (tangible) (p=0,000) terhadap kepuasan pasien dan variabel yang
paling berpengaruh adalah bukti fisik (tangible) terhadap kepuasan pasien dengan
nilai OR 6,364. Hasil penelitian kualitatif menunjukan ada kendala pada input
yaitu sarana dan prasarana yang belum mencukupi. Kesimpulan bukti fisik
merupakan variabel yang mempunyai pengaruh paling besar dan sarana yang
dimiliki belum lengkap. Diharapkan kepada Kepala UPTD Labkesda agar dapat
melengkapi sarana yang dibutuhkan di pelayanan laboratorium.
Download From Google Drive