Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien dalam segi pembiayaan Di Rumah Sakit H.Hanafie Muara Bungo Di Bungo Tahun 2024
Categorie(s):
Tesis
Author(s):
Putri, Vanny Claudia
Advisor:
Oktavianis
Nurhayati
Nurhayati
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Mutu Pelayanan, Kepuasan Pasien, Perhatian.
DOI:
-
Abstract :
Mutu pelayanan kesehatan merupakan tingkat kesempurnaan pelayanan
kesehatan, dimana setiap pihak menimbulkan kepuasan pada setiap pasien. BOR
merupakan salah satu indikator mutu pelayanan rawat inap dikatakan efisien atau
tidak. Dalam 3 tahun terakhir data BOR RSUD H.Hanafie Bungo belum dapat
memenuhi target. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan
kesehatan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit H.Hanafie Muara Bungo di
Bungo Tahun 2024. Penelitian ini adalah Kuantitatif. Desain penelitian yang
digunakan adalah survey analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi
penelitian ini adalah seluruh pasien yang menjalankan rawat inap di ruang rawat
inap Bedah, Saraf, Obstetri, Anak dan Penyakit dalam di Rumah Sakit H.Hanafie
Muara Bungo Tahun 2023 sebanyak 7115 orang. Jumlah sampel 100 responden
dengan teknik pengambilan sampel Accidental. Analisa data dilakukan adalah
univariat, bivariat dan multivariat. Uji statistik yang digunakan adalah uji chi
square dan regresi logistik p-value 0,05. Didapatkan Hasil penelitian univarit
bahwa dimensi Daya Tanggap, Jaminan, Bukti Fisik, Perhatian dan Kehandalan
adalah 55% baik, 52% baik, 55% baik, 51% buruk, 58% baik dan 90% pasien
puas. Uji chi square p-value menunjukkan adanya tiga variabel yang berhubungan
yaitu dimensi jaminan 0,001; bukti fisik 0,001 dan perhatian 0,031. Analisis
multivariat didapatkan variabel yang paling berpengaruh dalam penelitian adalah
dimensi perhatian dengan nilai p-value 0,043. Disarankan kepada petugas pemberi
layanan di ruang rawat inap agar lebih memperhatikan dan peduli terhadap pasien,
dengan memberi waktu pelayanan yang cukup pada pasien, bersikap sabar dalam
menghadapi keluhan pasien, menjalankan komunikasi yang baik pada pasien serta
bersikap ramah dan sopan dalam melayani pasien.
kesehatan, dimana setiap pihak menimbulkan kepuasan pada setiap pasien. BOR
merupakan salah satu indikator mutu pelayanan rawat inap dikatakan efisien atau
tidak. Dalam 3 tahun terakhir data BOR RSUD H.Hanafie Bungo belum dapat
memenuhi target. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan
kesehatan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit H.Hanafie Muara Bungo di
Bungo Tahun 2024. Penelitian ini adalah Kuantitatif. Desain penelitian yang
digunakan adalah survey analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi
penelitian ini adalah seluruh pasien yang menjalankan rawat inap di ruang rawat
inap Bedah, Saraf, Obstetri, Anak dan Penyakit dalam di Rumah Sakit H.Hanafie
Muara Bungo Tahun 2023 sebanyak 7115 orang. Jumlah sampel 100 responden
dengan teknik pengambilan sampel Accidental. Analisa data dilakukan adalah
univariat, bivariat dan multivariat. Uji statistik yang digunakan adalah uji chi
square dan regresi logistik p-value 0,05. Didapatkan Hasil penelitian univarit
bahwa dimensi Daya Tanggap, Jaminan, Bukti Fisik, Perhatian dan Kehandalan
adalah 55% baik, 52% baik, 55% baik, 51% buruk, 58% baik dan 90% pasien
puas. Uji chi square p-value menunjukkan adanya tiga variabel yang berhubungan
yaitu dimensi jaminan 0,001; bukti fisik 0,001 dan perhatian 0,031. Analisis
multivariat didapatkan variabel yang paling berpengaruh dalam penelitian adalah
dimensi perhatian dengan nilai p-value 0,043. Disarankan kepada petugas pemberi
layanan di ruang rawat inap agar lebih memperhatikan dan peduli terhadap pasien,
dengan memberi waktu pelayanan yang cukup pada pasien, bersikap sabar dalam
menghadapi keluhan pasien, menjalankan komunikasi yang baik pada pasien serta
bersikap ramah dan sopan dalam melayani pasien.