Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kompensasi, Komitmen Organisasi, Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Dan Kualitas Pelayanan Di Rsud Sijunjung Tahun 2023
Categorie(s):
Tesis
Author(s):
Ermayeti
Advisor:
Sulung, Neila
Adriani
Adriani
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Volume:
-
Keyword(s):
Kinerja Pegawai, Kualitas Pelayanan, Gaya Kepemimpinan, Kompensasi, Komitmen Organisasi, Kompetensi.
DOI:
-
Abstract :
Keberhasilan pelayanan dan kinerja dalam suatu bidang pekerjaan dipengaruhi antara lain gaya kepemimpinan, kompensasi, komitmen organisasi dan kompetensi terhadap pekerjaannya. Tinggi rendahnya kinerja sebuah organisasi tercermin dari kualitas pelayanan yang diberikan oleh organisasi/instansi, semua itu tidak terlepas dari sistem, prosedur, metode kerja, dan sarana prasarana yang tersedia untuk pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, kompensasi, komitmen organisasi, dan kompetensi terhadap kinerja pegawai dan kualitas pelayanan di RSUD Sijunjung tahun 2023.
Jenis penelitian adalah mixed method (kombinasi/campuran) dengan pendekatan sequential explanatory design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang ada di RSUD Sijunjung yang berjumlah 324 orang dengan jumlah sampel sebanyak 179 orang. Analisis data kuantitatif dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation Modeling) dengan PLS. Dan penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap 12 informan.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengaruh langsung gaya kepemimpinan, kompensasi, dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai tidak ada, namun pengaruh tidak langsung melalui kompetensi, karena kompetensi sangat mempengaruhi kinerja pegawai. Pengaruh langsung gaya kepemimpinan terhadap Kualitas pelayanan tidak ada, namun berpengaruh tidak langsung melalui kompensasi, komitmen organisasi dan kompetensi. Sedangkan kompensasi, komitmen organisasi, dan kompetensi sangat berpengaruh pada kualitas pelayanan. Hasil wawancara diperoleh bahwa semua variable dalam penelitian sangat berpengaruh terhadap kinerja dan kualitas pelayanan di RSUD Sijunjung.
Jenis penelitian adalah mixed method (kombinasi/campuran) dengan pendekatan sequential explanatory design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang ada di RSUD Sijunjung yang berjumlah 324 orang dengan jumlah sampel sebanyak 179 orang. Analisis data kuantitatif dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation Modeling) dengan PLS. Dan penelitian kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap 12 informan.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengaruh langsung gaya kepemimpinan, kompensasi, dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai tidak ada, namun pengaruh tidak langsung melalui kompetensi, karena kompetensi sangat mempengaruhi kinerja pegawai. Pengaruh langsung gaya kepemimpinan terhadap Kualitas pelayanan tidak ada, namun berpengaruh tidak langsung melalui kompensasi, komitmen organisasi dan kompetensi. Sedangkan kompensasi, komitmen organisasi, dan kompetensi sangat berpengaruh pada kualitas pelayanan. Hasil wawancara diperoleh bahwa semua variable dalam penelitian sangat berpengaruh terhadap kinerja dan kualitas pelayanan di RSUD Sijunjung.