Analisis Perbedaan Kemampuan Berbahasa Anak Autistik Dengan Pendekatan Floortime Di Sekolah Khusus Autis Al Ikhlas Garegeh Bukittinggi Tahun 2016
Categorie(s):
Skripsi
Author(s):
Dahlia, Meriza
Advisor:
Efriza
Dewi, Ratna
Dewi, Ratna
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Kemampuan Berbahasa, Floortime
DOI:
-
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Anak-anak dengan autis mengalami gangguan atau hambatan dalam berkomunikasi dan mengalami kelainan di pusat bahasanya baik secara verbal maupun non verbal. khususnya di Sekolah Khusus Autis Garegeh Bukittinggi didapatkan data jumlah anak sebanyak 124 orang siswa di dapatkan 64,51% anak yang menderita autis mengalami hambatan dalam berbahasa. Berkaitan dengan keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki oleh anak autistik seperti bahasa, para ahli telah mengembangkan pendekatan pembelajaran bagi anak autistik, salah satunya adalah pendekatan Floortime. Tujuan penelitian ini untuk Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berbahasa sebelum dan sesudah dilakukan pendekatan Floortime pada Anak dengan Autistik di Sekolah Khusus Autis Al-Ikhlas Garegeh Bukittinggi Tahun 2016. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimen dengan rancangan penelitian Pre Test dan Post Test one Group Design, Dalam penelitian ini menggunakan metode purpossive sampling dengan jumlah sampel 10 orang responden. Penelitian dilakukan pada Februari 2016. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji Non Parametrik (Wilcoxon) untuk mengetahui perbedaan dari masing-masing variabel. Didapatkan rata-rata sebelum intervensi 20,10 dan rata-rata sesudah intervensi hari ke 9 dan 10 23,00. Terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah intervensi dengan p value 0,005. Dari hasil bacaan diatas dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pendekatan Floortime terhadap peningkatan kemampuan berbahasa pada anak autistik. Diharapkan kepada pihak petugas sekolah autis secara rutin melaksanakan terapi Floortime sebagai salah satu intervensi terhadap kemampuan berbahasa anak autistik.