Dukungan Keluarga Dan Motivasi Mahasiswa Jalur Khusus Program Studi S1 Keperawatan Untuk Melanjutkan Profesi Ners Di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Fort De Kock Bukittinggi Tahun 2016
Categorie(s):
Skripsi
Author(s):
Royani, Tiara
Advisor:
Febrina, Wiwit
Juwita, Lisavina
Juwita, Lisavina
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Dukungan Keluarga, Motivasi, Profesi Ners
DOI:
-
Abstract :
Salah satu upaya menggambarkan pendidikan keperawatan profesional yaitu melalui pendidikan keperawatan (pendidikan profesi Ners). Beberapa faktor personal dan keluarga dapat mempengaruhi pilihan perawat mengenai program sarjana ataupun program profesi Ners. Studi awal menyatakan bahwa 85% dukungan keluarga dan motivasi memiliki peran penting dalam melanjutkan pendidikan profesi Ners.Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui tentang dukungan keluarga dan motivasi mahasiswa jalur khusus program studi S1 Keperawatan untuk melanjutkan profesi Ners. Penelitian ini menggunakan metode crosectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jalur khusus program studi S1 keperawatan yang berjumlah 59 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik total sampling.Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner. Variabel independen adalah dukungan keluarga dan motivasi. Variabel dependen melanjutkan profesi Ners. Dari 59 responden didapatkan mayoritas responden memiliki dukungan keluarga yang baik yaitu sebesar 34 responden (57,5%), responden yang memiliki motivasi yang baik adalah 37 responden (62,7%) dan reponden yang melanjutkan profesi Ners adalah 36 responden (61%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan antara dukungan keluarga dengan melanjutkan profesi Ners p value <0,005 (p value = 0,010). Sementara itu, variabel motivasi tidak ada hubungan dengan melanjutkan profesi Ners p value >0,005 (p value= 0,288). Berdasarkan penelitian tersebut di sarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap faktor-faktor lain yang mempengaruhi melanjutkan profesi Ners, misalnya biaya, kebutuhan, izin belajar.