Hubungan Peran Caregiver Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Gurun Kabupaten Tanah Datar Tahun 2016

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Saflina
Advisor:
Putri, Yelmi Reni
Adriani
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Peran caregiver perawat, kepuasan pasien.
DOI:
-
Abstract :
Kepuasan adalah perasaan senang ketika sesuatu yang diharapkan telah terpenuhi. Perawat sebagai caregiver atau pemberi pelayanan keperawatan memberikan pelayanan keperawatan secara langsung dan tidak langsung kepada klien, menggunakan pendekatan asuhan keperawatan (individu, keluarga, maupun komunitas) sesuai dengan kewenangannya sehingga bisa memberikan kepuasan pada pasien terhadap layanan keperawatan yang mereka terima. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan peran caregiver perawat dengan kepuasan pasien. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional. Variabel pada penelitian ini adalah peran caregiver perawat dan kepuasan pasien. Populasi adalah seluruh pasien yang berobat ke Puskesmas Gurun pada tanggal 18 30 April 2016 yang berjumlah 266 orang dengan jumlah sampel 134 orang, tehnik pengambilan sampel secara accidental sampling. Data dikumpul dengan menggunakan kuesioner kemudian diolah dengan sistem komputerisasi dengan teknik analisis chi-squre. Hasil penelitian menunjukan 54,5 % responden mengatakan peran caregiver perawat baik, namun 45,5% merasa kurang baik. 58,2 % responden merasa puas dengan pelayanan keperawatan yang mereka terima, namun masih ada 41,8% merasa tidak puas. Ada hubungan antara peran caregiver perawat dengan kepuasan pasien di Puskesmas Gurun, dengan nilai p = 0,000 dan nilai OR = 3,816. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan peran caregiver perawat dengan kepuasan pasien. Disarankan kepada perawat agar lebih menerapkan perannya sebagai pemberi layanan keperawatan dengan memberikan perhatian khusus pada pasien saat memberikan layanan keperawatan sehingga pasien merasa tidak diabaikan.