Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilku Bullying Pada Anak SD Kelas VI SD Negeri 01 Talang Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok Tahun 2016

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Kurnia, Rise
Advisor:
Juwita, Lisavina
Silvia
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Pola asuh orang tua, teman sebaya, media massa, perilaku Bullying
DOI:
-
Abstract :
Bullying merupakan sebuah kondisi dimana telah terjadi penyalahgunaan kekuatan atau kekuasaan yang dilakukan oleh perseorangan ataupun kelompok.Penyalahgunaan kekuatan atau kekuasaan dilakukan pihak yang kuat tidak hanya secara fisik saja tetapi juga secara mental. Penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku bullying pada anak sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VI SD 01 talang kecamatan gunung talang kabupaten solok tahun 2016 yaitu sebanyak 44 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Analisa data meliputi analisa univariat dan analisa bivariat menggunakan ujichi square.
Hasil penelitian ini didapatkan 40,9% responden dengan pola asuh orang tua yang kurang baik, 72,7% responden dengan pengaruh teman sebaya negatif, 77,3% responden dengan pengaruh negatif dari media massa, 56,8% responden memiliki perilaku bullying. Analisa bivariat di dapatkan ada hubungan antara pola asuh orang tua (p=0,002), teman sebaya (p=0,023), media massa (p=0,001) dengan perilaku bullying pada anak kelas VI SD di SD negeri 01 talang kecamatan gunung talang kabupaten solok tahun2016 .
Jadi dapat di simpulkan bahwa pola asuh orang tua, teman sebaya dan media massa berhubungan dengan perilaku bullying pada anak kelas VI SD untuk itu diharapkan kepada semua lapisan masyarakat khususnya ibu yang memiliki anak yang masih duduk di bangku sekolah agar memperhatikan anak agar tidak terjadinya bullying.