Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV dan V SDN 23 Koto Tangah Kec. Tilatang Kamang Kab. Agam Tahun 2016

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Indra, Kiki
Advisor:
Silvia
Adriani
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Pola asuh orang tua, status gizi, prestasi belajar
DOI:
-
Abstract :
Pada tahun 2014 di SD Negeri 23 Koto Tangah diketahui bahwa 52% siswa kelas IV dan 41% siswa kelas V dengan rata-rata hasil belajar tidak tuntas, dan angka ini meningkat pada tahun 2015 dimana ditemukan 66,6% pada kelas IV dan 46,7% pada siswa kelas V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dan status gizi dengan prestasi belajar anak kelas IV dan V di SDN 23 Koto Tangah Tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan kelas V SDN 23 Koto Tangah yang berjumlah 33 orang siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 33 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner dan lembar observasi prestasi belajar. Pengolahan data hasil penelitian dilakukan secara komputerisasi meliputi analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji chi square. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa 63,6% responden dengan pola asuh orang tua baik, 60,6% responden dengan status gizi kurang dan 57,6% responden dengan prestasi belajar kurang baik. Ada hubungan pola asuh orang tua (p = 0,009, OR = 17,875) dan status gizi (p = 0,031, OR = 6,75) dengan prestasi belajar siswa. Dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua dan status gizi berhubungan dengan prestasi belajar siswa. Untuk itu diharapkan kepada pihak sekolah untuk dapat memperhatikan status gizi siswa dengan penyediaan kantin sekolah serta kepada orang tua untuk dapat menerapkan pola asuh yang baik serta memperhatikan kebutuhan gizi dan nutrisi pada anak, agar prestasi belajar anak dapat ditingkatkan.