Pengaruh Senam Otak (Brain-Gym) Terhadap Kecakapan Matematika Siswa Sekolah Dasar Negeri 32 Kinali Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2015
Categorie(s):
Skripsi
Author(s):
Santri, Nova Meli
Advisor:
Lazdia, Wenny
Wahyuni, Aria
Wahyuni, Aria
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Brain-Gym, Kecakapan Matematika
DOI:
-
Abstract :
Brain Gym adalah serangkaian latihan gerak yang sederhana untuk memudahkan kegiatan belajar dan penyesuaian dengan tuntutan sehari-hari. Brain Gym membuka bagian-bagian otak yang sebelumnya tertutup atau terhambat sehingga kegiatan belajar/bekerja berlangsung menggunakan seluruh otak atau whole brain. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh Senam Otak Brain-Gym terhadap kecakapan matematika siswa sekolah dasar negeri 32 kinali kabupaten pasaman barat tahun 2016. Penelitian ini dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental dengan metode pendekatan Pretest Postest. Teknik pengambilan sampel purposive sampling. Didapatkan sampel sebanyak 20 anak. Hasil penelitian didapatkan Rata-Rata kecakapan matematika siswa sebelum intervensi senam otak brain-gym Sekolah Dasar Negeri 32 Kinali Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2016 adalah 5,175. Rata-Rata Rata kecakapan matematika siswa setelah intervensi senam otak brain-gym Sekolah Dasar Negeri 32 Kinali Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2016 adalah 6,900. Pengaruh penerapan senam otak untuk meningkatkan kecakapan matematika pada siswa sekolah dasar negeri 32 kinali kabupaten pasaman barat dengan nilai mean -1,7250 dan p=0,000. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan senam otak efektif untuk meningkatkan kecakapan matematika siswa dasar negeri 32 kinali kabupaten pasaman barat tahun 2016. Jadi penerapan senam otak dapat menjadi pertimbangan para guru dan orang tua untuk meningkatkan kecakapan matematika pada siswa.