Hubungan Pola Asuh Orang, Pendidikan, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Prestasi Belajar Murid Sekolah Dasar Negeri 06 Pulai Anak Air Kelas IV dan V Di Kota Bukittinggi Tahun 2016

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Lovianda, Putri Aina
Advisor:
Silvia
Putri, Yelmi Reni
ISSN/ISBN:
-
eISSN/eISBN:
-
Keyword(s):
Pola asuh, pendidikan orang tua, sosial ekonomi, prestasi belajar
DOI:
-
Abstract :
Pada tahun 2011 diketahui bahwa HDI Indonesia berada pada peringkat 108 dunia menurun menjadi peringkat 124 dari 180 negara pada tahun 2012, dan peringkat 121 dari 185 negara pada tahun 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pola Asuh Orang, Pendidikan, dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Prestasi Belajar Murid Sekolah Dasar Negeri 06 Pulai Anak Air Kelas IV dan V Di Kota Bukittinggi Tahun 2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan kelas V SD Negeri 06 Pulai Anak Air yang berjumlah 52 orang siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling sehingga diharapkan sampel sebanyak 52 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner dan lembar observasi prestasi belajar. Pengolahan data hasil penelitian dilakukan secara komputerisasi meliputi analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 53,8% responden dengan kategori pola asuh orang tua baik, 55,8% dengan tingkat pendidikan orang tua tinggi, 59,6% dengan status sosial ekonomi keluarga tinggi dan 51,9% responden dengan prestasi belajar kurang baik. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa ada hubungan pola asuh ( p = 0,025, OR = 4,371), pendidikan orang tua ( p = 0,011, OR = 5,383) dan status sosial ekonomi p = 0,042, OR = 3,958) dengan prestasi belajar siswa kelas IV dan V SDN 06 Pulai Anak Air. Dapat disimpulkan bahwa pola asuh, pendidikan dan status sosial ekonomi orang tua berhubungan dengan prestasi belajar siswa. Untuk itu diharapkan kepada semua pihak untuk lebih memperhatikan prestasi belajar sekolah, terutama untuk pihak sekolah agar dapat selalu memotivasi siswa untuk belajar baik di sekolah maupun di rumah serta kepada orang tua untuk dapat menerapkan pola asuh yang baik yang dapat membentuk karakter anak yang kreatif dan berkembanga dengan baik agar prestasi belajar anak dapat ditingkatkan.